Selasa, 17 April 2012

Lakukan Ini saat Ada Kebakaran !!

Semua kebakaran mulanya kecil, tetapi dengan kondisi yang tepat, kebakaran dapat meluas tanpa terkendali hanya dalam beberapa menit. Setelah pekerjaan konstruksi berkembang, perlengkapan gedung, sampah, dan barang-barang yang mudah terbakar lainnya yang ditumpuk, memperbesar kemungkinan terjadi kebakaran.
Bila anda mengetahui suatu kebakaran, bunyikan alarm segera sehingga seseorang dapat memanggil Petugas Kebakaran. Kemudian perkirakan situasi dengan waspada. Jika kebakaran kelihatannya cukup kecil untuk diatasi dengan alat pemadam yang tersedia, lakukanlah. Pastikan anda mengetahui alat pemadam yang tepat untuk kebakaran karena listrik atau karena bensin. Jangan menganggap remeh bahaya tersebut. Jika anda tidak yakin dapat mengatasinya, serahkan kepada para pekerja yang terlatih.
Bersiagalah untuk membantu. Bila kebakaran tidak dapat segera dikendalikan, peringatkan semua orang  agar mereka dapat meninggalkan daerah  itu. Ini sangat penting dalam kebakaran gedung. Kemudian bersiaplah menunjukkan  kepada petugas pemadam ketika mereka datang. Waktu anda mengamankan mereka, dapat digunakan untuk mengendalikan kebakaran lebih awal.
Namun demikian jangan ikut serta memadamkan kebakaran,  kecuali mandor anda atau petugas pemadam minta anda melakukannya. Hal ini bukan karena bantuan anda tidak akan dihargai, tetapi sebaiknya biarkan saja orang-orang berpengalaman yang menanganinya. Mari kita ulangi langkah-langkah yang diambil setelah menemukan kebakaran :
  1. Bunyikan tanda bahaya.
  2. Menilai situasi dengan waspada.
    1. Padamkan kebakaran jika masih kecil. Jika tidak, serahkan pada petugas pemadam kebakaran.
    2. Peringatkan orang-orang lain didaerah itu
      1. Bersiagalah untuk mengarahkan petugas pemadan pada waktu mereka datang.
      2. Bantulah memadamkan api hanya apabila anda diminta melakukannya.
Tidak ada hal penting lainnya. Ketahuilah bagaimana membunyikan tanda bahaya dan dimana letak alat pemadam kebakaran. Pengetahuan ini dapat menyelamatkan nyawa dengan tepat dan ANDA !!

Sumber : K3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome - Ahlan Wa Sahlan - Selamat Datang

Selamat Datang Kepada Rekan-Rekan Di Blog Ini, Semoga Isi Tulisan Dari Blog Ini Bisa Bermanfaat Untuk Kita Semua

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Blog Ini Adalah Kreativitas Pelaksana Kerja PLIB Dari HSE, Untuk HSE Dan Oleh HSE

About

Blogger news

Blogger templates